Home » , , » Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama

Written By Unknown on Saturday 19 January 2013 | 1/19/2013 01:08:00 pm

Cara Merawat Baterai Laptop Notebook Secara Baik Dan Benar, Agar Awet Tahan Lama. Setelah sekian lama tidak pernah share tips dan trik yang berhubungan dengan seputar komputer atau laptop, kali ini saya akan mengulas artikel tentang cara merawat baterai laptop notebook. Cara merawat baterai laptop agar awet dan tahan lama saat digunakan adalah hal yang sangat mudah di ucapkan namun sangat sulit untuk di lakukan, karena merawat baterai laptop terbilang gampang-gampang susah untuk dipraktekkan.

Baterai adalah komponen penting yang terdapat pada laptop atau notebook. Tentunya karena baterai laptop adalah power supply atau suatu daya untuk laptop agar bisa hidup atau di operasikan meski tanpa harus mencolokkan ke listrik seperti komputer PC. Walaupun baterai laptop ini adalah komponen yang penting namun masih banyak orang yang kurang peduli dan memperhatikan pentingnya baterai tersebut untuk laptop agar bisa dioperasikan dengan normal dan bertahan lama dayanya.

Alhasil jika baterai sudah mengalami kerusakan, maka tentunya laptop atau notebook itu tidak bisa dioperasikan atau hidup kecuali kalau sambil di charge atau terhubung ke listrik. Memang bisa hidup dan dioperasikan tapi sangat beresiko untuk terjadinya kerusakan pada sistem yang lain didalam laptop itu sendiri.

Cara Merawat Baterai Laptop Dan Netbook Agar Tahan Lama

Salah satu contohnya adalah jika pada saat laptop kita hidupkan langsung terhubung ke listrik melalui charger, kemudian chargernya tercabut secara tidak sengaja atau saat listrik padam tiba-tiba, maka otomatis laptopnya akan ikut mati, karena memang daya dari baterai laptop itu sendiri sudah lemah alias rusak.

Hasilnya bisa menyebabkan kerusakan pada layar atau screen laptop dan parahnya lagi bisa mengakibatkan harddisk menjadi bad sector. Jika harddisk sudah mengalami bad sector maka laptop atau notebook itu sudah rusak alias harus di servis dan mengganti semua sistemnya dengan yang baru.

Tips Dan Trik Cara Merawat Baterai Laptop Dan Notebook Dengan Baik Dan Benar Agar Tahan Lama

1. Jangan Charge Dalam Jangka Waktu Yang Lama Hingga Baterai Kepenuhan Saat Laptop Dalam Keadaan Kondisi Mati

Dengan melakukan charging sampai baterai kepenuhan terbukti menyebabkan daya tahan lama baterai bisa berkurang. Secara teknis memang jika laptop kita charge dengan waktu yang lama maka baterai kita bisa jadi kepanasan dan bisa merusak elemen di dalamnya. Salah satu contoh adalah apabila kebiasaan men-charge laptop kemudian ditinggal tidur dan pagi-pagi setelah kita bangun led baterai laptop sudah menunjukkan tanda penuh. Meski memang sepertinya biasa saja dan tidak terjadi apa-apa, namun dampaknya akan menjadi luar biasa dikemudian hari jika terlalu sering melakukan hal itu. Karena ini sudah pernah saya alami sendiri yang juga sering melakukan hal itu, alhasil baterai laptop saya harus diganti yang baru. Saran saya charge laptop secara normal dan jangan di biarkan terlalu lama hingga over hot.

2. Jangan Melepaskan Baterai Ketika Laptop Akan Dihidupkan

Menghidupkan laptop dengan Mode AC tanpa baterai atau langsung terhubung ke listrik melalui charge bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada motherboard, dikarenakan keadaan listrik tidak stabil atau juga listrik bisa mati mendadak dan tiba-tiba. Jika motherboard mengalami kerusakan, maka sama saja dengan kerusakan pada laptop secara keseluruhan. Hal ini memang bisa menghemat baterai, karena memang baterai tidak dipakai, jadi ya pasti awet baterainya. Namun sobat pilih baterai yang awet atau laptonya yang awet, maka jangan sekali-kali melakukan hal itu, jika ingin laptop tetap awet.

Sebaliknya jika charge laptop pada Mode AC dengan baterai terpasang pada laptop memang memungkinkan terjadinya penurunan kualitas baterai, namun sangat aman bagi kesehatan laptop jika terjadi listrik mati mendadak atau tiba-tiba. Jadi saran saya agar tidak melepaskan baterai saat menggunakan laptop dengan langsung menghubungkan ke listrik melalui charger.

3. Bersihkan Logam Kontak Baterai Laptop Secara Berkala Dan Rutin

Sobat juga harus membersihkan logam kontak atau logam penghubung baterai laptop secara berkala. Hal ini akan membuat kontak catu daya dari baterai ke laptop menjadi efisien dan tidak terhambat. Sobat bisa menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan logam kontak baterai laptop.

melepas baterai laptop

4. Lepaskan Baterai Laptop Jika Laptop Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Jika sobat tidak menggunakan laptop atau notebook dalam rentang waktu yang lama lebih dari satu hari bahkan berminggu-minggu dan berbulan-bulan lamanya, maka lepaskan baterainya dari laptop. Hal ini wajib sobat lakukan, pasalnya jika sobat tidak melepaskan baterai dari laptop maka akan menyebabkan terjadinya pemuaian atau karatan atau menjamur pada bagian logam kontak baterai yang terhubung ke laptop atau notebook. Alhasil daya baterai tidak bisa terisi dan tersalur pada laptop dengan sempurna dikarenakan ada hambatan karatan dan jamur pada logam kontak baterai.

5. Lakukan Kalibrasi Baterai Laptop Setiap 30 Kali Charge

Kalibrasi digunakan agar kalkulasi daya baterai laptop tetap akurat, berikut tips dan trik caranya:
  • Charge laptop sampai penuh 100% dan biarkan kabel charge tertancap kurang lebih selama 2 jam sambil gunakan laptop untuk aktifitas atau sekedar membuat makalah atau yang lainnya.
  • Aktifkan system hibernate. Setting agar system hibernate dijalakan otomatis jika baterai laptop sudah habis atau critical battery.
  • Gunakan laptop untuk aktifitas-aktifitas sobat dan tunggu sampai baterai habis dan system hibernate akan dilakukan secara otomatis.
  • Selama proses hibernate diamkan laptop selama kurang lebih 8 jam dengan kondisi baterai tetap tertancap dan terpasang pada laptop.
  • Setelah mencapai 8 jam, kemudian charge laptop hingga sampai penuh, namun laptop dalam kondisi masih hibernate atau belum dihidupkan.
  • Agar tidak perlu repot-repot menghitung berapa kali sobat men-charge baterai laptop, sobat bisa menggunakan software battery care. Karena software ini akan mencatatnya secara otomatis hingga looping keberapa sobat men-charge baterai laptop. Silahkan sobat kunjungi situs resminya www.batterycare.net
6. Pastikan Bahwa Ada Udara Yang Bebas Mengalir Dan Bersirkulasi Dengan Baik Melalui Laptop

Baterai laptop cenderung bekerja lebih berat ketika sistem pendingin laptop tidak memadai. Hal ini biasanya ditandai dengan suara kipas yang keras berputar sebagai sistem pendingin laptop, jika kipas bekerja dan berputar secara berlebihan maka laptop jadi panas dan baterai laptop juga dapat di pastikan akan cepat terkuras dayanya. Jadi pastikan bahwa fungsi kipas pendingin bekerja dengan benar dan normal. Saran saya gunakan Cooling Pad atau kipas dibawah laptop sebagai tambahan sistem pendinginan laptop.

Cooling Pad

7. Jangan Menggunakan Multitasking Atau Membuka Banyak Aplikasi Secara Bersamaan

Sering kali tanpa kita sadari hal ini sering kita lakukan, entah itu kebutuhan atau juga cuma iseng main-main membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Alhasil tanpa kita sadari juga daya baterai laptop cepat habis. Untuk mengatasinya silahkan sobat kurangi penggunaan multitasking atau membuka terlalu banyak aplikasi sekaligus. Sebisanya pada saat sobat berkerja dengan laptop, lakukan dan tuntaskan salah satu pekerjaan saja pada satu waktu. Karena Multitasking dapat menguras daya baterai lebih cepat habis.

8. Jangan Menggunakan Device Perangkat Eksternal Yang Berlebihan

Menggunakan perangkat device seperti USB Flash Disk dan perangkat eksternal lainnya secara berlebihan termasuk juga Wi-Fi dan Mouse. Hal ini akan cepat menguras daya baterai laptop, jika device USB tidak harus digunakan terus di USB slot, silahkan sobat eject saja atau putuskan koneksinya untuk menghindari penggunaan terlalu banyak daya baterai.

9. Non Aktifkan Update Otomatis Anti Virus Dan Juga Windows

Mematikan atau non aktifkan jadwal update otomatis seperti anti virus online dan juga windows dapat memperpanjang umur baterai laptop. Pasalnya jika semua sistem akan update secara otomatis dan online maka akan menguras daya baterai laptop secara berlebih tanpa kita ketahui. Hal ini juga bisa mengakibatkan leletnya saat ber-internetan dan berselancar didunia maya.

10. Kurangi Volume Speaker Laptop Atau Notebook

Menggunakan volume speaker yang keras juga bisa cepat menguras daya baterai. Jadi kurangi volume speaker laptop atau matikan saja jika tidak terlalu diperlukan.

11. Jaga Suhu Baterai Agar Tidak Terlalu Panas Atau Over Hot

Usahakan menjaga suhu baterai laptop atau notebook agar tidak terlalu panas saat mengoperasikan laptop atau notebook. Jika terjadi over dan baterai kepanasan maka molekul yang ada di dalam baterai akan meleleh dan hasilnya baterai akan cepat kehabisan daya saat laptop di gunakan.

12. Hindari Penggunaan Laptop Atau Notebook Dalam Jangka Waktu Yang Sangat Lama

Mengoperasikan laptop atau notebook sewajarnya saja, jangan sampai menggunakan laptop atau notebook untuk waktu yang lama. Karena hal ini di samping mengakibatkan baterai jadi panas juga bisa berimbas pada heatsing dan juga sistem pendingin laptop atau netbook. Jika memungkinkan sebaiknya lepaskan baterai dari laptop atau notebook bila penggunaan lebih dari 6 jam.

Demikian beberapa tips dan trik cara merawat baterai laptop atau netbook agar tahan lama awet dan juga cara merawat baterai laptop dengan cara baik dan benar. Semoga bisa di jadikan pedoman untuk menjaga dan antisipasi dari segala kerusakan baterai laptop atau netbook sobat.

Artikel Terkait:

thumbnail Title: Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama
Posted by:Unknown
Published :2013-01-19T13:08:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 737 Reviews
Cara Merawat Baterai Laptop Agar Tahan Lama
Comments
6 Comments

6 comments:

  1. artikel yang menarik gan :D

    BTW saya sudah follow balik blog ente :D
    salam blogger

    Admin (Ilham Nurul Imansyah)
    me-inspiration.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  2. makasih gan :)
    elp-post,blogspot.com

    ReplyDelete
  3. mantep bro, ane amatiran blogger.. tolong visit ya rasyidiansyah.blogspot.com

    ReplyDelete

 
Support : Google | Yahoo | Bing
Copyright © 2011-2013. KUCOPAS - All Rights Reserved
Sitemap | About Me | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger