Home » , » Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook

Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook

Written By jpr indo on Thursday 16 February 2012 | 2/16/2012 01:19:00 am

KUCOPAS - Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook. Dengan semakin murahnya harga Laptop maupun notebook di dunia pasaran elektonik membuat komputer dekstop PC (CPU) semakin tersingkirkan. Tetapi tentu saja dengan semakin banyak jumlahnya, semakin banyak pula pemilik Laptop dan notebook yang pusing dikarenakan laptopnya mengalami kerusakan.

Jenis kerusakan dalam laptop pun sangat beragam, ada yang mudah di atasi dan ada pula yang harus sampai di bawa ke service center demi untuk memperbaiki Laptop dan notebook mereka. Oleh sebab itu, kali ini Kucopas akan berbagi trik yang mudah-mudahan bisa membantu sobat dalam mengatasi masalah kerusakan pada laptop.

Cara mengetahui, Menganalisa dan memahami ciri-ciri  kerusakan pada Laptop dan notebook

Langkah pertama yang dapat sobat lakukan adalah dengan cara kita harus bisa mengetahui dan memahami ciri-ciri kerusakan Laptop atau notebook sobat dahulu, setelah mengetahui ciri-cirinya maka selanjutnya masalah tersebut bisa kita jadikan panduan awal dalam memperbaikinya tanpa pergi mengunjungi atau meminta bantuan kepada tukang service demi untuk men-servis laptop atau notebook kita yang mengalami sedikit eror atau kerusakan.

Untuk masalah kerusakan pada laptop atau notebook yang paling sering terjadi dan langkah-langkah awal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kerusakan tersebut, Kucopas memiliki beberapa tips dan trik yang bisa sobat coba praktekkan. Biasanya ada beberapa ciri-ciri kerusakan laptop atau notebook yang dapat kita ketahui sebagai tahapan awal servis laptop atau notebook, yaitu antara lain:

Ciri-ciri Kerusakan Keyboard Laptop atau Notebook:
1. Beberapa Tuts (tombol keyboard) tidak berfungsi. Biasanya keluar bunyi beep panjang pada saat laptop dinyalakan atau dihidupkan, cursor mouse berjalan tidak stabil atau bergerak-gerak sendiri tanpa digerakkan.

Solusinya: Sobat bisa membacanya dalam artikel Cara Mengatasi Laptop atau netbook Yang Bunyi Beep Terus

Cara mengetahui, Menganalisa dan memahami ciri-ciri  kerusakan pada Laptop dan notebook

2. Kerusakan yang lebih parah biasanya adalah konslet, dan hal ini bisa menyebabkan laptop atau notebook setelah booting akan restart terus menerus dengan sendirinya tanpa dilakukan restart manual.

Solusinya: Silahkan sobat cabut colokan charger bila terhubung dengan listrik, dan lepaskan baterai dari laptop sobat kemudian pasang kembali seperti semula.

Ciri-ciri Kerusakan pada LCD Laptop atau Notebook:
1. Layar tidak tampil gambar, menyala tapi keluar garis-garis vertikal, tampak blok hitam, dan gambar tidak simetris atau acak pada layar laptop atau netbook.

Solusinya: Coba sobat cek terlebih dahulu konektor atau soket-soket yang berhubungan dengan monitor laptop sobat. Apakah terpasang sebagaimana mestinya atau ada yang terlepas.

Ciri-ciri Kerusakan Charger Laptop atau Notebook:
1. Baterai tidak mau di charge, tidak ada indikator masuk power, laptop di charge posisi hidup malah kemudian mati. Layar laptop bergetar tidak stabil.

Solusinya: Silahkan sobat cabut charger dari laptop sobat dan juga dari colokan yang terhubung dengan listrik, lepas juga baterai yang terpasang pada laptop. Kemudian periksa panel tembaga pada baterai dan laptop, periksa apakah ada yang tidak menempel dengan sempurna. Periksa juga panel tembaga pada sambungan charger laptop sobat, pastikan sudah terpasang dengan baik. Selanjutnya pasang kembali baterai dan juga hubungkan charger dengan listrik dan laptop.

Ciri-ciri Kerusakan Hardisk Laptop atau Notebook:
1. Loading data atau system lambat, berbunyi tidak normal, tidak bisa masuk windows, belum sampai masuk windows sudah restart sendiri.

Solusinya: Lepas baterai atau charger bila terhubung dengan listrik, kemudian pasang dengan sempurna dan nyalakan laptop kembali. Jika masih eror, kemungkinan besar hardisk rusak atau kebanyakan aplikasi yang terpasang dalam laptop.

Ciri-ciri Kerusakan Motherboard / IC regulator Laptop atau Notebook:
1. Laptop dihidupkan agak sulit, baterai tidak bisa discharge dan mati Total. Indikator charger nyala, nmaun setelah dicharge lampu indikator pada charger mati (konslet). Jadi terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sangat sering terjadi pada laptop yang telah lama digunakan.

Solusinya: Ganti dengan IC Power yang baru.

Ciri Kerusakan Memory Laptop atau Notebook:
1. Pada saat dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, Blue screen atau Red Screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluar suara beep berulang-ulang.

Solusinya: Sobat bisa menemukannya juga dalam masalah kerusakan bunyi beep diatas.

Ciri Kerusakan Chipset / VGA Laptop atau Notebook:
1. Layar tidak tampil, Kalau pun tampil tidak mau akses ke Bios.
Ada terdengar suara beep secara beraturan.

Solusinya: Seperti diatas.

Ciri-ciri Kerusakan DVD / CD room Laptop:
1. Tidak mau membaca CD, indikator CD off.

Solusinya: Ganti optik pada CD room-nya, agar mampu mendeteksi data dari DVD maupun CD.

Cara mengetahui, Menganalisa dan memahami ciri-ciri  kerusakan pada Laptop dan notebook

Penjelasan di atas adalah merupakan ciri-ciri kerusakan yang sering terjadi pada laptop atau notebook secara hardware. Sedangkan ciri-ciri kerusakan laptop atau notebook secara software diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tidak bisa membuka Aplikasi.
2. Tidak mau booting ke OS.
3. Pada loading awal, desktop banyak informasi error.
4. File regedit tidak bisa di eksekusi.
5. Flasdisk tidak bisa di baca.
6. Folder option pada Explorer tidak bisa di buka.
7. Proses loading sangat lambat dan lama.

Demikian tips dan trik yang mengulas tentang seputar Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook. Namun bila sobat tidak mau mengambil resiko yang berbahaya bagi laptop sobat yang bisa mengakibatkan kerusakan sangat fatal, maka jangan lakukan solusi diatas. Saran saya, bawalah ketempat teknisi laptop yang handal dan profesional. Semoga artikel yang saya share ini bisa sangat bermanfaat bagi sobat KUCOPAS semua.

Artikel Terkait:

thumbnail Title: Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook
Posted by:jpr indo
Published :2012-02-16T01:19:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 737 Reviews
Cara Mengetahui, Menganalisa Dan Memahami Ciri-Ciri Kerusakan Pada Laptop Dan Notebook
Comments
2 Comments

2 comments:

 
Support : Google | Yahoo | Bing
Copyright © 2011-2013. KUCOPAS - All Rights Reserved
Sitemap | About Me | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger