Home » , , » Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop

Written By Ku Copas on Sunday, 20 January 2013 | 1/20/2013 02:04:00 am

KUCOPAS - Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop. Mungkin sekarang memang sudah zamannya modern dan serba canggih, terbukti sudah banyak orang-orang yang tidak bisa lepas dari barang elektronik. Umumnya sekarang setiap orang mempunyai gadget, hp, laptop bahkan mungkin salah satunya dari barang elektronik yang telah saya sebutkan tadi tidak bisa lepas karena kebutuhan hidup dan suatu pekerjaan.

Barang elektronik seperti gadget, hp, laptop, notebook dan semacamnya memang sangat flexibel dan bisa dibawa kemana-mana sesuai kebutuhan, karena barang elektronik semacam itu memang menggunakan baterai. Jadi bisa dibawa kemana saja tanpa harus mencolokkan kesumber listrik, dengan catatan baterai sudah terisi atau di charge sebelumnya.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop

Meski begitu mudahnya kita mengikuti perkembangan zaman yang serba canggih, namun ada beberapa masalah yang timbul dikarena penggunaan barang elektronik. Khususnya untuk elektronik yang menggunakan baterai dan salah satunya adalah laptop.

Sangat menjengkelkan apabila kita sedang menggunakan laptop dalam suatu pekerjaan yang penting namun tiba-tiba baterai laptop ngedrop, apa lagi saat kita lagi di luar rumah seperti di tempat-tempat umum yang mempunyai layanan Wi-Fi atau Hot Spot area semisal mall, rumah sakit, rumah makan, atau juga yang lainnya. Ditempat-tempat seperti itu memang ada listrik, namun apakah sobat selalu siap sedia membawa charger laptop kemana-mana, jadi sangat ribet sekali kayaknya.

Pengalaman pribadi menjengkelkan yang pernah saya alami adalah saat hang out bersama teman-teman dan menggunakan laptop di HotSpot area taman kota, pada waktu itu saya lagi asyik-asyik download video dari Youtube namun download harus terputus gara-gara baterai laptop yang ngedrop kemudian mati. Padahal sebelumnya sudah saya charge baterainya sampai penuh 100%, meski bawa charger, namun tidak ada colokan listrik yang tersedia untuk digunakan, alhasil saya menggerutu dan kecewa gara-gara baterai laptop saya ngedrop.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop

Penyebab Baterai Laptop Drop
Banyak sekali penyebab baterai laptop menjadi ngedrop, salah satu contohnya adalah penggunaan atau saat mengoperasikan laptop dalam jangka waktu yang lama dan juga melakukan charge laptop yang tidak beraturan.

Baterai yang di gunakan untuk laptop banyak sekali macamnya, masalah awet atau cepat rusak tergantung penggunanya dalam mengoperasikan laptop. Pada beberapa waktu yang lalu sudah pernah saya share tentang Merawat baterai laptop agar awet tahan lama dengan cara baik dan benar, namun jika sobat sedang mengalami masalah baterai laptop yang ngedrop, saya punya solusinya.

Solusi Cara Mengatasi Dan Mengembalikan Daya Baterai Laptop Yang Ngedrop

Sebelum kita mempraktekkan cara-caranya, silahkan sobat siapkan dulu bahan-bahan dan peralatannya sebagai berikut:

1. Kulkas atau lemari es (Freezer)
Jika belum mempunyai kulkas atau lemari es, sobat bisa menggunakan kulkasnya tetangga alias titip atau pinjam. hehehe.

2. Plastik pembungkus
Sobat bisa gunakan plastik pembungkus es yang cukup tebal atau plastik yang lainya, asal tidak bolong alias bocor.

3. Tali Pengikat
Tali ini nanti kita gunakan untuk mengikat plastik, Gunakan tali atau karet yang mudah untuk mengikat plastik. Jangan gunakan tali tambang, nanti malah kebesaran dan tidak bisa untuk mengikat plastik.

4. Baterai Yang Mengalami Drop
Lepaskan baterai yang ngedrop dari laptop, tips dan trik ini hanya saya sarankan untuk baterai yang benar-benar sudah mengalami drop. Dengan catatan baterai dalam kondisi tidak rusak total.

Jika semua bahan dan peralatan sudah di siapkan, sekarang kita menuju ke triknya Cara mengembalikan daya baterai laptop yang sudah ngedrop. Silahkan sobat simak baik-baik langkah-langkah yang harus sobat lakukan sebagai berikut:

  1. Masukkan baterai laptop ke dalam plastik dan bungkus rapat-rapat dengan tali yang sudah sobat siapkan tadi. Dengan catatan jangan sampai ada bagian plastik yang bocor nanti bisa kemasukan air es.
  2. Jika baterai laptop sudah terbungkus plastik dengan rapat, kemudian masukkan kedalam Freezer kulkas atau lemari es.
  3. Biarkan baterai tersimpan didalam freezer kulkas atau lemari es selama seharian atau semalaman penuh. Untuk tips yang lain agar lebih mantab bisa di biarkan selama satu sampai tiga hari.
  4. Setelah melakukan langkah yang ketiga diatas, silahkan sobat keluarkan baterai laptop yang masih terbungkus plastik dengan rapat.
  5. Keluarkan baterai laptop dari bungkus plastik, kemudian diamkan di tempat dalam suhu normal. Untuk tips yang lain di internet ada yang menganjurkan untuk dijemur dibawah terik matahari, namun saran ini tidak saya anjurkan untuk sobat.
  6. Jika kondisi baterai laptop sudah kembali pada suhu yang normal alias sudah tidak sedingin saat pertama kali di keluarkan dari freezer, silahkan pasang kembali pada laptop.
  7. Langkah yang selanjutnya, setelah baterai sudah terpasang pada laptop sebagaimana mestinya, mohon laptop jangan di nyalakan. Hal ini untuk menghindari kerusakan yang fatal pada baterai laptop.
  8. Silahkan sobat charge laptop dalam keadaan mati sampai penuh 100%. Ada tips yang lain menganjurkan charge baterai laptop dalam keadaan mati sampai delapan jam atau seperti baterai baru saat di charge pertamakali.
  9. Sesudah melakukan langkah charge baterai laptop dirasa sudah penuh 100%. Silahkan hidupkan atau nyalakan laptop sobat. Apakah baterai laptop sudah kembali normal dan tidak ngedrop apa belum, Jika baterai laptop masih ngedrop, silahkan sobat ulangi langkah-langkah diatas dengan cara dan volume yang berbeda sampai berhasil menerapkan komposisi yang tepat.

Demikian tips dan trik yang mengulas seputar Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop dan juga solusi cara untuk mengembalikan daya laptop yang sudah drop. Jika langkah-langkah di atas sudah di lakukan berulang-ulang namun belum berhasil, itu berarti saatnya sobat harus ganti baterai laptop dengan yang baru.

Saran saya bila membeli baterai laptop jangan yang abal-abal alias aspal asli tapi palsu, belilah baterai laptop yang asli dan cocok dengan serinya, Baterai laptop yang asli pasti terjamin kualitasnya.

Demikian artikel tips dan trik yang mengulas tentang Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop, Semoga artikel yang saya share ini bisa sangat bermanfaat dan berguna untuk sobat KUCOPAS semua yang baterai laptopnya sedang mengalami drop.
thumbnail Title: Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop
Posted by:Ku Copas
Published :2013-01-20T02:04:00+07:00
Rating: 4.5
Reviewer: 7 Reviews
Cara Mengatasi Baterai Laptop Yang Ngedrop

Artikel Terkait:

Comments
14 Comments

14 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. wiiiiihhh manteb gan...,
    di coba dah moga bsa...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  4. Artikel yang menarik... cumaa,,, ada hal-hal yang masih bingung...
    1. kalo dimasukin ke freezer,,, apa gak jadi basah tuh baterai'a?? apalagi kalo didiemin sampe 1 hari atau 3 hari... masalahnya,,, meskipun udah diplastikin,,, tetep aja mengembun... misalnya kayak buah pepaya dimasukin ke plastik trs dimasukin ke freezer jadinya keras dan basah karna mengembun... Trs,,, gmn tuh jadinya??? tujuannya supaya apa??
    2. Setelah semua perlakuan selesai,, saat di pasang ke laptop, dicas, dan hbs itu dinyalakan,,, apa gak akan membuat laptop jadi konslet??

    Ditunggu jawabannya yaa... kalo gak,,, kirim jawabannya ke emailku juga boleh soalnya saya penasaran banget tapi gak berani nyoba... ini emailku n1lla_maniezz92@yahoo.com......
    _Terimakasih_

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nilla Nastiti >> 1. Pernah saya praktekkan menurut pengalaman pribadi memangsetelah baterai dikeluarkan dari Freezer dan plastik jadi berembun. Tapi biarkan sampai suhunya kembali normal kembali seperti tutor no 5 diatas. Tujuannya untuk mengembalikan partikel dalam baterai yang meleleh menjadi beku atau mengeras kembali, Sehingga dayanya bisa kembali meski tidak full 100% seperti yang baru.
      2. Sampai saat ini tetap lancar pada laptop saya, tanpa konslet. Dengan catatan pemasangan kembali baterainya harus benar2 kering.
      Bila baterainya masih ngedrop, itu artinya sudah saatnya ganti baterai yang baru. Semoga membantu, terimakasih.

      Delete
  5. om, ad pictnya gk?
    mau liat aj contohnya dbungkus pake tali,
    itu talinya dibungkus digulung" ato di iket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf mas, dahulu gak sempat foto.
      balut saja plastiknya menggunakan Solasi tape plastik.

      Delete
  6. Kawan btre lptop sy gk bsa di charge kalo dcharge dayanya gk ngisi n lmpu tnda chargenya kok kdip kdip? Sy sdah coba cra kwan diats tpi kok pertma di charge tetp gk ngisi n lmpu tnda chargenya tetp kdip, gmana it kwan? Apa hrus tgu bbrapa menit? Mh0n bntuanya ya. . . !

    ReplyDelete
  7. agan gimana nih,,
    kok ttep aj gak mau.. udh dua hari saya inepin batereinyaa,,
    tetep aja kaya dulu,,
    baru 70 % udh blank,,
    langsung mati laptop saya,,
    Laptop saya ASUS K43U,,
    tlong gan pncrahan'a,,

    ReplyDelete
  8. agan gimana nih,,
    kok gak mau,,
    tetep aj ngedrop,, baru 80 % udh mati laptop saya,,
    tlong pncrhan'a gan,,

    ReplyDelete

 
Support : Google | Yahoo | Bing
Copyright © 2011-2013. KUCOPAS - All Rights Reserved
Sitemap | About Me | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger