Home » , » Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Kemudian Mati

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Kemudian Mati

Written By Ku Copas on Monday, 23 July 2012 | 7/23/2012 11:02:00 pm

KUCOPAS - Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Kemudian Mati. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi trik lagi tentang masalah di dunia komputer, khususnya untuk laptop. Dan triknya adalah tentang laptop yang panas kemudian mati sendiri. Jika sobat mengalami masalah seperti yang pernah saya alami, yaitu laptop sering mati secara tiba-tiba di karenakan panas. Sobat tidak usah bingung, sebab disini saya akan kasih trik untuk cara mengatasinya.

Sedikit pencerahan dan pengetahuan untuk sobat, pada semua perangkat komputer dan laptop pasti memiliki sistem pembuangan panas yang dihasilkan oleh prosesor. Karena sistem pembuangan panas ini sangat penting agar prosesor bisa selalu berjalan dengan normal. Namun jika sistem pada pendingin ini tidak bisa bekerja dengan baik, maka hawa panas pada prosesor akan bisa mencapai pada titik yang kritis atau Over Heating, dan akibatnya komputer atau laptop sobat akan eror atau hang bahkan bisa mati secara tiba-tiba. Bila hal ini sering terjadi pada komputer atau laptop sobat, maka akibatnya akan bisa memperpendek lifetime prosesor dan daya dari baterai laptop cepat habis.

Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Kemudian Mati

Penyebab utama yang mengakibatkan meningkatnya daya panas pada laptop sobat adalah di sebabkan oleh kotoran dan debu yang menumpuk pada sistem pendingin laptop. Biasanya kotoran ini menyumbat di kisi-kisi radiator, sehingga aliran udara yang panas tidak bisa keluar dan dibuang dengan lancar. Alhasil, hawa panas akan menumpuk dalam casing laptop dan suhu panas prosesor meningkat sangat drastis, dan akhirnya laptop bisa mati secara mendadak dan tiba-tiba.

Ada sedikit tips untuk sobat, sebenarnya peningkatan suhu panas pada laptop sangat gampang sekali untuk diketahui dan dideteksi.
  1. Hal yang pertama adalah tentu saja kalau sobat pegang body laptop akan terasa lebih panas setelah digunakan dalam waktu yang cukup lama.
  2. Sobat bisa dengar dan rasakan kecepatan kipas yang berputar sangat cepat tidak cenderung turun kecepatanya, dan selalu berputar dengan kecepatan tinggi.
  3. Semburan angin pada kipas dari kisi pembuangan di samping casing laptop terasa lemah karena tersumbat.
  4. Mungkin ini yang sering tidak sobat perhatikan, yaitu baterai laptop akan lebih cepat habis karena banyak tersedot untuk meningkatkan putaran kipas.
Jika ke empat gejala diatas terjadi pada laptop sobat, maka bisa dipastikan bahwa sistem pendingin pada laptop sobat harus dibuka dan di bersihkan karena kemungkinan ada penumpukan kotoran didalamnya.

Cara Mengatasi Dan Menangani Laptop Yang Cepat Panas

laptop panas kemudian mati sendiri
  • Silahkan sobat buka tutup casing bagian bawah laptop.
  • Pada bagian pendingin laptop biasanya tutupnya yang berukuran paling besar.
  • Setelah terbuka, sobat bisa melihat bentuk dari Heatsink-nya seperti pada gambar di atas.
  • Bentuk Heatsink pada setiap merk laptop bisa saja berbeda, tetapi prinsipnya semua mirip seperti itu.
  • Kemudian bersihkan kotoran dan debu yang menempel dan menyumbat pada kisi-kisi pendingin laptop.
  • Lalu bersihkan juga kipasnya.
Laptop Cepat Panas Dan Sering Mati Sendiri
  • Sobat lepaskan kipasnya dengan cara membuka baut dan mencabut kabel power kipas. Biasanya konstruksi kipas dan heatsink terpisah. Artinya kipas bisa dilepas langsung dari heatsink. Jangan melepaskan heatsink yang melekat pada prosesor, karena antara prosesor dan heatsink diberi thermal paste agar panas prosesor tersalur dengan baik ke heatsink. Jika sobat tidak punya thermal paste pengganti, itu akan jadi masalah.
  • Sekarang sobat lihat pada kisi pembuangan udara di tepi casing. Biasanya kotoran dan debu menumpuk ditempat itu, sehingga bisa menyumbat angin pada kisi radiator. Bersihkan pada bagian tersebut dengan hati-hati. Gunakan kuas atau sikat gigi bekas yang lembut.
  • Setelah semua bersih, silahkan sobat pasang kembali semua dengan baik, kemudian cobalah menyalakan laptop sobat. Dijamin laptop sobat menjadi lebih dingin saat digunakan, dan baterainya juga akan menjadi lebih awet tidak cepat habis dayanya.
Apabila semua tips dan trik diatas belum bisa merubah keadaan laptop sobat menjadi lebih baik, maka saran saya silahkan sobat hubungi service yang berpengalaman dalam bidangnya. Atau ikuti trik yang terakhir yang pernah saya lakukan saat emosi, yaitu membalikkan laptop dan mengetuk-ngetuknya sampai kotoran dan debu keluar tanpa membuka casing laptop. Memang trik ini berhasil dan laptop saya sampai sekarang jadi tidak cepat panas dan mati akibat Over Heating. Namun cara ini tidak saya anjurkan untuk sobat, karena berbahaya dan bisa mengakibatkan kerusakan yang sangat fatal pada laptop sobat.

Demikian tips dan trik yang mengulas tentang Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Kemudian Mati yang dapat saya share, semoga bisa sangat bermanfaat untuk sobat KUCOPAS semua.

Artikel Terkait:

thumbnail Title: Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Kemudian Mati
Posted by:Ku Copas
Published :2012-07-23T23:02:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 737 Reviews
Cara Mengatasi Laptop Yang Cepat Panas Kemudian Mati
Comments
2 Comments

2 comments:

 
Support : Google | Yahoo | Bing
Copyright © 2011-2013. KUCOPAS - All Rights Reserved
Sitemap | About Me | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger