Home » » Edit Video Dengan WINDOWS MOVIE MAKER

Edit Video Dengan WINDOWS MOVIE MAKER

Written By Unknown on Monday 5 December 2011 | 12/05/2011 06:31:00 pm


Anda bisa mengedit video milik anda sendiri tanpa harus menggunakan software tambahan. Dan hasilnya pun lumayan bagus. Program untuk mengedit video ini ada di setiap Windows XP namanya adalah Windows Movie Maker. Orang jarang menggunakan Windows Movie Maker karena sudah banyak software software lain yang lebih bagus seperti Ulead Video Studio atau Adobe Premiere. Tapi sayangnya software software tersebut memakan banyak memori. Nyatanya cukup dengan Windows Movie Maker anda bisa mengedit video kesayangan anda juga.

- Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka program Windows Movie Maker itu sendiri. Pilih Start – All program – Windows Movie Maker.

BAGIAN 1 :
- Masukan video yang anda ingin edit dengan memilih IMPORT VIDEO. Maka video akan masuk pada daftar COLLECTION. Dan video tersebut akan secara otomatis terpotong potong menjadi beberapa bagian frame.
- jika anda ingin memotong kembali video tersebut menjadi beberapa bagian yang lebih banyak maka pilih bagian video yang akan dipotong lalu jalankan dengan menekan tombol PLAY lalu tekan tombol SPLIT THE CLIP INTO TWO CLIPS AT THE CURRENT FRAME yang ada dibawah layar video yang sedang dimainkan tersebut.
- Anda juga bisa mengambil potongan potongan video yang anda inginkan menjadi sebuah gambar. Caranya dengan memainkan video tersebut lalu tekan tombol PAUSE. Kemudian pilih tombol TAKE PICTURE. Dan anda bisa men Save gambar tersebut dengan format .JPG .
- Setelah puas memotong video ke beberapa bagian, letakkan video yang anda inginkan (Drag) ke dalam STORYBOARD yang terletak pada bagian paling bawah dari program ini. Jika ingin memasukan semua secara langsung pilih tombol CLTR+A lalu drag.

BAGIAN 2 :
- Jika ingin menambahkan efek tertentu pada video anda pilih VIEW VIDEO EFFECTS. Maka akan muncul beberapa efek yang siap dipakai. Pilih salah satu efek tersebut lalu letakkan pada bagian video yang diinginkan yang ada di Storyboard tadi. Untuk melihat hasilnya pilih video yang sudah diberi efek lalu mainkan.
- Untuk meng Copy, Cut , men Delete, atau mengganti efek yang telah anda buat tinggal pilih gambar bintang yang ada pada video lalu pilih salah satu perintahnya.
- Jika ingin menambahkan animasi perpindahan bagian antar video (Transisi) pilih VIEW VIDEO TRANSISIONS. Maka akan muncul beberapa Transisi yang siap dipakai. Pilih salah satu Transisi tersebut lalu letakkan pada bagian video yang diinginkan yang ada di Storyboard tadi. Untuk melihat hasilnya pilih video yang sudah diberi Transisi lalu mainkan.
- Untuk meng Copy, Cut , men Delete, atau mengganti Transisi yang telah anda buat tinggal pilih gambar kotak yang ada diantara bagian video lalu pilih salah satu perintahnya.
- Jika ingin menambahkan Teks atau tulisan pilih MAKES TITLES OR CREDITS. Maka akan muncul beberapa pilihan tulisan yaitu:

1. Add title at the beginning of the movie
(untuk menambah tulisan diawal video)
2. Add title before the selected clip on the storyboard
(untuk menambah tulisan sebelum video yang dipilih)
3. Add title on the selected clip on the storyboard
(untuk menambah tulisan pada video yang dipilih)
4. Add title after the selected clip on the storyboard
(untuk menambah tulisan setelah video yang dipilih)
5. Add credits at the end of the movie
(untuk menambah tulisan diakhir video)

- Pilih salah satu dari beberapa pilihan tersebut lalu masukan tulisan yang anda ingin tambahkan ke dalam video tadi.
- Jika ingin menambahkan animasi pada tulisan tadi tinggal klik tombol CHANGE THE TITLE ANIMATION. Lalu pilih animasi yang diinginkan.
- Jika ingin mengganti bentuk atau warna huruf tulisan yang anda ketik tinggal klik tombol CHANGE THE TEXT FONT OR COLOR. Lalu pilih bentuk tulisan yang diinginkan.
- Jika sudah puas mengganti tulisan tulisan tersebut pilih DONE, ADD TITLE TO MOVIE.

BAGIAN 3 :
- Video yang telah anda edit tinggal di simpan di dalam komputer dengan menekan SAVE TO MY COMPUTER atau menyimpannya ke dalam CD dengan menekan SAVE TO CD atau mengirimnya dengan Email dengan menekan SEND IN EMAIL atau mengirimnya ke Web atau situs anda dengan menekan SEND TO THE WEB atau menyimpannya ke dalam DV Camera dengan menekan SEND TO DV CAMERA.
- Untuk mengetahui hasilnya saya sarankan untuk menyimpan di dalam komputer anda dengan menekan SAVE TO MY COMPUTER.
- Video yang sudah di edit siap dimainkan !!!!!

Artikel Terkait:

thumbnail Title: Edit Video Dengan WINDOWS MOVIE MAKER
Posted by:Unknown
Published :2011-12-05T18:31:00+07:00
Rating: 5
Reviewer: 737 Reviews
Edit Video Dengan WINDOWS MOVIE MAKER
Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Google | Yahoo | Bing
Copyright © 2011-2013. KUCOPAS - All Rights Reserved
Sitemap | About Me | Contact Us | Privacy Policy
Proudly powered by Blogger